News Release

Korea, Kembangkan Kampanye ‘Muslim Friendly Korea’

KTO 0 956

Korea Tourism Organization (Presiden: Jung Chang Soo) mulai memasuki pasar pariwisata Asia Tenggara sebagai langkah diversifikasi pasar pariwisata in bound Korea yang berkonsentrasi ke China. Pada 17 Oktober, KTO mengadakan jamuan makan malam bagi travel agent Indonesia untuk melakukan kampanye ‘Muslim Friendly Korea’ di Hotel Mulia, Jakarta. Presiden KTO, Jung Chang Soo, hadir dalam jamuan ini dengan memakai batik khas Indonesia sebagai ekspresi ketertarikannya terhadap pasar Indonesia, yang merupakan salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara.

 

Selain alasan pertumbuhan pasar, alasan KTO fokus terhadap pasar Indonesia adalah karena Indonesia merupakan pasar pariwisata muslim terbesar. Untuk mengembangkan pasar pariwisata muslim, pada Oktober tahun ini KTO memperkenalkan jenis-jenis atau klasifikasi restoran ramah bagi Muslim. Selain itu, pada November tahun ini juga akan diadakan acara ‘Halal Restaurant Week’ bagi wisatawan muslim. Hal ini dilakukan dalam rangka mengembangkan bisnis yang ramah bagi wisatawan Muslim guna mengatasi ketidaknyamanan wisatawan Muslim ketika berwisata.

 

Menurut KTO Jakarta, Indonesia, yang tahun lalu ada di posisi kesembilan dalam jumlah kunjungan wisatawannya ke Korea, diperkirakan akan naik satu tangga ke posisi delapan pada tahun ini. Setiap tahunnya ada sekitar 220.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea. Tahun ini diperkirakan akan ada sekitar 250.000 wisatawan Indonesia berwisata ke Korea. Jung Chang Soo menekankan bahwa pasar pariwisata Indonesia memiliki potensi besar sehingga dalam 10 tahun kedepan Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar besar yang menduduki posisi keempat dalam pasar pariwisata in bound Korea berdampingan dengan China, Jepang dan Amerika. Pasar pariwisata Indonesia sampai pada September tahun ini mengalami peningkatan kira-kira 53 persen dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Artinya, Indonesia merupakan pasar yang memimpin ekspansi pasar pariwisata Asia Tenggara dengan sedikit melewati rata-rata kenaikan negara-negara lain yang angka kenaikannya 35 persen.

 

Tahun ini seluruh wisatawan dari Asia Tenggara diperkirakan akan meningkat 20 persen yaitu sebanyak 2.200.000 wisatawan dibandingkan tahun lalu yang turun karena adanya wabah MERS, dan jumlah ini adalah 13 persen dari total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Korea. KTO Jakarta menyatakan bahwa pada tahun depan berencana akan mengembangakan promosi yang aktif bersama dengan perusahaan Korea di Indonesia dan terus mendukung bisnis yang meningkatkan wisatawan Muslim dengan menargetkan  kenaikan share wisatawan Asia Tenggara sampai 15 persen.

 

Comments

Kategori
Previous Next
페이스북에 공유 트위터에 공유 구글플러스에 공유 카카오스토리에 공유 네이버밴드에 공유